PESONA ALAM PUNCAK GAGOAN SOLOK SUMATERA BARAT

 

Dibuat oleh : YOLANDA SAFITRI

Kelas : X IPS

MAM Lawang Tigo Balai

Tahun : 2022/2023

 Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki keunggulan di dunia wisata yang sudah terkenal dengan sangat baik di tingkat nasional maupun mancanegara. Tidak main-main, di tahun 2017 pernah tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat sampai menembus angka 7,8 juta orang. Sumatera Barat memiliki pesona yang sangat memanjakan mata karena terdapat berbagai macam objek wisata yang dapat menarik untuk dikunjungi seperti pantai, danau, gunung, dan panorama yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Bagi Anda para pencinta tantangan bisa mencoba sensi wisata yang terdapat di kota Solok, Sumatera Barat yang dikenal dengan nama Puncak Gagoan. Solok merupakan Salah-satu kota yang ada di Sumatera Barat yang turut andil menghadirkan objek wisata yang mempesona. Jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2017 pernah menembus angka 500 ribu lebih.

    Sejak kebangkitan dunia internet khususnya media sosial, telah lahir sebuah objek wisata baru di Solok yang mulai dilirik oleh para wisatawan. Salah satu objek wisata tersebut adalah Puncak Gagoan. Puncak Gagoan sendiri sudah ada dari dulu, hanya saja pada saat maraknya informasi yang dapat diakses melalui media sosial mampu melihat sudut keindahan puncak ini, maka saat itu kunjungan ke lokasi ini menjadi meningkat. Awal mula Puncak Gagoan beredar dari foto-foto di media sosial tentang pemandangan alam yang begitu indah dari ketinggian, dengan tebing dan bebatuan yang curam namun dibalut hijaunya rerumputan, serta sudut keindahan lain dari Danau Singkarak. Banyak orang yang mulai memperbincangkan dan mempertanyakan dimana lokasi pemandangan tersebut diambil, dan terbukalah jawabannya ternyata di Puncak Gagoan.

    Puncak Gagoan terletak di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Sekitar kurang lebih 20 km dari pusat kota Solok. Gagoan berasal dari kata Minangkabau “Gagau” yang berarti  Gamang (Takut Jatuh). Nama yang diberikan memang sesuai karena Puncak Gagoan berada diatas ketinggian bukit yang kita langsung dapat menyaksikan kecuraman dengan batuan karang berwana putih dengan kemiringan hamper 90 derajat celcius. Saat berada diatas Puncak Gagoan inipun kita dapat menikmati hembusan angin segar karena puncak gagoan dikelilingi hutan yang masih asri yang mampu memberikan oksigen segar saat kita menikmatinya.

    Wisata Puncak Gagoan ini tidak sama dengan wisata pada tempat lainnya karena untuk menikmati pesona keindahan Puncak Gagoan ini hanya dengan biaya yang relative murah, seperti biaya parkir, untuk biaya parker motor  dikenakan tariff 2.000 sedangkan untuk pengendara roda empat dikenakan tarif 5000. Dipuncak Gagoan  untuk   keselamatan pengunjung para pemuda bersama para pengelola memberikan rambu-rambu. Puncak Gagoan ini diapit oleh dua bukit yang dibatasi langsung dengan sungai, sungai ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dialirkan kerumah-rumah warga serta untuk kebutuhan lainnya.

    Puncak Gagoan memiliki daya tarik yang sangat menjanjikan untuk para penikmatnya, seperti saat kita masih berada di bawah, kita sudah dapat menikmati angin segar yang dapat menjadi teman sejati perjalanan menuju puncak. Saat terik matahari bau khas dari ilalang juga menyengat hidung, sebuah penegasan bahwa kita sedang berada di alam pegunungan yang jauh dari udara kota yang penuh dengan polusi. Secara keseluruhan perjalanan ke Puncak Gagoan merupakan sudut terbaik untuk mengambil berbagai macam foto untuk di abadikan keindahannya, dan inilah daya tarik dan juga kelebihan yang didapat saat menikmati wisata Puncak Gagoan ini.


 

    Panorama alam yang dimiliki oleh puncak ini seperti layaknya sebuah gambar mahakarya sang maha kuasa yang dapat dinikmat. Dalam perjalanan menuju ke tempat ini akan di sajikan pemandangan bukit barisan dengan warna hijau. Dua bukit yang mengampit Puncak  Gagoan menjadi salah satu paket keindahan dari Puncak Gagoan. Bukit yang satu di dominasi dengan hamparan rumput dan pohon yang sedikit, sedangkan bukit yang satunya dipenuhi dengan pepohonan dengan ragam yang berbeda.

 

 
    Tak hanya dua bukit yang mengapit Puncak Gagoan tetapi juga ada panorama sungai yang air nya masih sangat jernih yang biasa digunakan warga dan pemerintah setempat untuk kebutuhan masyarakat. Perjalanan menuju Puncak Gagoan ini sebaiknya di susuri dengan cara berjalan kaki dari bawah   bukit yang sudah ada lahan parkiran khusus bagi pengunjung yang akan ke Puncak Gagoan.

    Puncak Gagoan yang memliki daya tarik tersendiri juga mempunyai beberapa keindahan lainnya yang dapat memanjakan mata para pengunjungnya seperti adanya padang ilalang disekitar bukit, ada tebing tebing tinggi yang indah dengan jurang yang begitu menarik untuk dilihat. Hal ini tentu dapat dijadikan spot foto yang tak kalah bagusnya. Posisi wisata Puncak Gagoan yang berada didataran tinggi ini membuatnya memiiki bebatuan tebing yang amat curam serta kemiringan cadas.


     Banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan setelah sampai di Puncak Gagoan dengan perjalanan yang terbilang lebih menantang untuk sampai dan menikamti keindahan yang di sugukan dari atas Puncak Gagoan. Saat telah sampai di Puncak Gagoan kita dapat menikmati keindahan padang rumput yang hijau dengan ilalang-ilalang yang menari mengikuti alunan angin, dua bukit yang menjajikan mata dengan keindahannya, sungai yang mengalir dan juga indahnya Danau Sigkarak yang juga bisa kita nikmati dari atas Puncak Gagoan.

    Dari Puncak Gagoan ini kita bias melihat banyak cara untuk menikmati wisata yang ada untuk merefesh segala rasa yang ada didalam diri kita contohnya saja seperti wisata yang satu ini. Alam selalu dapat dengan mudah membuat kita menghilangkan rasa lelah, jenuh dan menggatikan dengan rasa bahagia dan bersyukur. Jadi jangan terlalu banyak berfikir untuk mencari tempat wisata yang ingin dikunjungi, dari pada penasaran dengan keindahan pesona Puncak Gagoan langsung saja atur waktu luangmu untuk menikmati keindahan dengan berwisata langsung ke Puncak Gagoan yang ada di Solok, Sumatera Barat.(aff)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAN 1 AGAM

Wendrinaldi Pembimbing Karya Ilmiyah Terbaik Tingkat Nasional 2023

  Maninjau Humas- MAN 1 Agam di akhir tahun 2023 banjir prestasi. Setelah Merajai lomba solo song dan debat siswa di acara HAB kemenag 78, d...

MAN 1 AGAM