SALAH SATU WISATA ALAM DI SUMATERA BARAT - PUNCAK LAWANG



 

 

Dibuat oleh : EMITA SRIMULYANI

Kelas : X IPS

MAM Lawang Tigo Balai

Tahun : 2022/2023

    Salah satu nagari yang ada di kecamatan matur termasuk kedalam 75 desa wisata terbaik di Indonesia yaitu nagari lawang dengan nama wisata puncak lawang. Nagari lawang telah mendapat kunjungan oleh mentri pariwisata dan ekonomi kreatif yang di wakili oleh Bapak direktur Indra Ni Tua. Pada saat acara tersebut nagari lawang juga dihadiri oleh bapak bupati kabupaten agam .

Dinagari lawang terdapat beberapa tempat wisata yaitu Puncak Lawang, Lawang Park dan ambuntanai. Sebenarnya nagari lawang bukan hanya memiliki tempat wisata yang indah saja tapi nagari lawang juga mempunya tempat pengolahan gula tebu secara tradisional ( kilangan tebu ) dan juga tempat merandang kacang tanah dari hasil petani daerah sekitar.

Tetapi dari sebanyak itu wisata yang ada di daerah lawang, puncak lawang lah yang menjadi kunjungan wisata terbanyak setiap tahun nya bahkan setiap hari libur. 


Puncak lawang merupakan objek wisata alam yang terletak di kenagarian Lawang, kecamatan Matur, Kabupaten agam, provinsi Sumatra Barat. Puncak lawang terletak di ketinggian 1.210 mdpl, sehingga membuat wisatawan dapat melihat keindahan danau Maninjau dari sana. Bukan hanya itu, disana kita bisa merasakan udara yang sejuk dan pemandangan rindangnya pohon pinus yang dapat menyegarkan mata siapapun yang datang kesana.

Puncak lawang memiliki suhu yang dingin. Pada saat pagi hari suhu disana sangat dingin dan berawan yang membuat puncak lawang telihat indah dan berasa pengunjung merasakan berada di negeri di atas awan. Kawasan puncak lawang memiliki kawasan yang lapang untuk lesehan bersama keluarga.

Objek wisata puncak lawang sudah ada sejak zaman belanda. Dahulu puncak lawang dijadikan tempat menyepi dan peristirahatan para Meneer dan Noni Belanda. Saat itu, puncak lawang dikenal dengan nama “ Rumah Bola “.

Puncak lawang memiliki spot foto alami karena kawasan tersebut dikelilingi banyaknya pohon pinus dan menghadap ke danau maninjau. Pada saat malam hari dari atas puncak lawang kita bisa melihat ruibuan lampu yang berada di daerah maninjau dan sekitarnya. Dua kawasan tersebut bisa dijadikan background saat pengambilan foto.

Di Puncak Lawang juga terdapat satu tempat berfoto atau selfi bersama keluarga yang bernama Wahana Selfi. Yang terletak di sebelah kiri kita ketika berada disana. Didalam wahana selfi terdiri dari Sarang Tampuo, meja tabang, sarang burung, pintu langit/surga dan masih banyak lain nya tempat yang bisa dinaiki pengunjung untuk berfoto yang berlatar belakang danau maninjau atau pohon pinus.

Wisata puncak lawang berhadapan langsung dengan Danau Maninjau sehingga pengunjung dapat melihat jelas pantulan awan di permukaan danau. Pohon yang mengelilingi seputaran danau menambah daya tarik wisatawan yang datang. Namun tidak setiap hari, kondisi cuaca Puncak Lawang dalam kondisi cerah, sering kali kawasan puncak lawang tetutup kabut sehingga tidak dapat melihat keindahan danau maninjau. Kondisi terbaik berada dipuncak lawang adalah pada siang hari, karena pada saat pagi dan sore sering turun kabut.

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan di kawasan puncak lawang salah satu nya adalah paralayang. Seringkali puncak lawang didatangi oleh paralayang dari berbagai daerah luar negeri. Wahana paralayang adalah olah raga yang bisa terbang bebas menggunakan parasut sebagai alat untuk terbang. Pengunjung bisa menikmati aktifitas paralayang dengan ditemani seorang pemandu. Selain menguji nyali, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kabupaten Agam.

Saat bermain paralayang, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kelok 44 dan danau maninjau dari atas ketinggian. Puncak lawang juga merupakan area take off paralayang terbaik seasia tenggara. Beberapa event paralayang internasional juga dilakukan di puncak lawang.

Puncak lawang menyediakan permainan outbond yaitu flying fox. Flying fox merupakan wahana sebagai pelepas stres. Rute yang dituju permainan flying fox sendiri adalah bukit di seberang yang berdekatan dengan bangunan penginapan soul puncak lawang. Bagi pengunjung yang menikmati wahana flying fox bisa memanjakan mata dengan melewati pepohonan pinus yang jarak nya lumayan jauh.

Untuk menikmati serunya bermain fliying fox pengunjung dipungut biaya kurang lebih Rp. 20.000 diluar biaya tiket masuk. Dengan menggunakan pakaian yang safety pengunjung yang bermain flying fox akan merasakan nyaman dan akan terasa aman selama bermain.

Selain keindahan puncak lawang dan berbagai wahana seru yang bisa dinikmati pengunjung, puncak lawang juga menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai mulai dari :

a. Area parkir yang cukup luas

b. Toilet atau kamar mandi

c. Mushola

d. Café dan restoran

e. Penginapan

f. Odong – odong

Tips bagi pengunjung yang bisa dilakukan sebelum atau saat berada di pucak lawang :

a. Siapkan berbagai barang yang dirasakan perlu selama menginap atau cuma sekedar bermain seharian.

b. Pengunjung bisa datang di pagi hari untuk mendapatkan udara yang segar. Atau sore hari untuk dapat menikmati dan menyaksikan matahari terbenam.

c. Jika pengunjung ingin menginap, maka segera pesan penginapan jauh hari sebelum berkunjung.

d. Patuhi peraturan dan tata tertib selama anda berkunjung.

e. Selalu jaga kebersihan di tempat wisata puncak lawang agar kelestarian nya terjaga.

    Itulah sedikit pembahasan mengenai tempat wisata Puncak lawang yang bisa anda kunjungi untuk melepaskan penat dari rutinitas harian. Tidak hanya bisa menikmati udara segar dan pemandangan yang indah saja. Tetapi anda juga bisa mencoba berbagai wahana permainan yan tersedia di puncak lawang.(aff)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAN 1 AGAM

Wendrinaldi Pembimbing Karya Ilmiyah Terbaik Tingkat Nasional 2023

  Maninjau Humas- MAN 1 Agam di akhir tahun 2023 banjir prestasi. Setelah Merajai lomba solo song dan debat siswa di acara HAB kemenag 78, d...

MAN 1 AGAM